Manfaat Asam Lemak Omega-3
Artikel Gambar Asam Lemak Omega-3: Manfaat Minyak Ikan, Salmon, Kenari, & Lainnya
Omega-3: Lemak Baik Dokter mungkin meminta anda untuk memotong lemak, tetapi tidak semua lemak itu tidak sehat. Asam lemak Omega-3 mungkin memiliki manfaat kesehatan yang luas. Studi menyatakan bahwa mereka dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung, pembunuh tertinggi nasional. Mereka juga dapat melindungi terhadap gejala depresi, demensia, kanker, dan artritis. Omega-3 ditemukan dalam ikan salmon, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan banyak lagi - tetapi manfaat kesehatan dapat sangat berbeda dari satu sumber ke yang lain.
Alphabet Omega-3 Asam lemak Omega-3 muncul di lebih dari satu bentuk. Jenis yang ditemukan pada ikan, disebut DHA dan EPA, tampaknya memiliki manfaat kesehatan terkuat. Bentuk lain yang dikenal sebagai ALA ditemukan dalam minyak sayur, biji rami, walnut, dan sayuran berdaun gelap seperti bayam. Tubuh kita mengubah sejumlah kecil ALA menjadi EPA dan DHA, dan ALA juga memiliki beberapa manfaat kesehatan tersendiri.
Bagaimana Omega-3 Melawan Penyakit Asam lemak Omega-3 dipercaya dapat membantu melawan penyakit dengan mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sendi, dan di tempat lain dalam tubuh. Mereka juga mengurangi resiko untuk irama jantung yang abnormal, menurunkan kadar lemak tidak sehat dalam aliran darah, dan memperlambat laju pembentukan plak dalam pembuluh darah. Tubuh kita tidak dapat membuat omega-3, jadi kita harus mendapatkannya melalui makanan kita.
Omega-3 dan Kematian Jantung Jika Anda pernah mengalami serangan jantung sebelumnya, asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Studi menunjukkan penurunan serangan jantung dan kematian mendadak di antara korban serangan jantung yang meningkatkan tingkat omega-3 mereka. Ini termasuk orang yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan dan mereka yang rutin makan ikan berlemak, seperti ikan salmon atau trout.

Omega-3 dan Aritmia Omega-3 tampaknya memiliki efek stabilisasi pada jantung. Mereka dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi resiko aritmia yang mengancam nyawa atau ritme jantung abnormal. Beberapa sumber umum dari omega-3 yang ditampilkan di sini: ikan, walnut, brokoli, dan edamame, kacang kedelai hijau yang sering dikukus dan dihidangkan bersama kulitnya.
Omega-3 dan Trigliserida Omega-3 dapat menurunkan tingkat trigliserida Anda, sejenis lemak darah yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Trigliserida terkumpul dalam aliran darah dan dalam sel-sel lemak tubuh (terlihat di sini). Sayangnya, omega-3 dapat meningkatkan kolesterol - baik jenis yang "baik" (HDL) dan "buruk" (LDL). Orang dengan trigliserida tinggi harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengambil omega-3. Makan ikan yang kaya omega-3 umumnya lebih aman.

Omega-3 dan Tekanan Darah Tinggi Ada bukti kuat bahwa omega-3 dapat lebih merendahkan tekanan darah. Efeknya adalah kecil, meskipun demikian. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, dengan makan ikan dapat turut membantu perubahan diet lain dan obat-obatan, seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Salah satu strategi adalah mengganti daging merah dengan ikan selama makan. Tapi sebaiknya menghindari ikan asin, seperti salmon asap.
Omega-3 dan Stroke Bukti tercampur pada apakah omega-3 dapat membantu mencegah stroke. Ia mengekang pembentukan plak di dalam pembuluh darah dan memiliki efek anti-pembekuan darah, sehingga dapat membantu mencegah stroke ischemic, jenis yang disebabkan oleh gumpalan atau penyumbatan dalam arteri. Pada dosis yang sangat tinggi, suplemen omega-3 mungkin meningkatkan risiko stroke hemorrhagic, jenis yang kurang umum yang melibatkan pendarahan di otak.
Omega-3 dan Rheumatoid Arthritis Studi menunjukkan omega-3 dapat mengurangi gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan pada penderita rheumatoid arthritis. Diet tinggi omega-3 juga dapat meningkatkan efektivitas obat anti-inflamasi.
Omega-3 dan Depresi Asam lemak Omega-3 dapat membantu mengeluarkan kelancaran gangguan mood dan membuat antidepresan lebih efektif. Namun, hasil penelitian telah tercampur sejauh ini. Negara-negara dengan tingkat omega-3 yang lebih tinggi dalam makanan khas mereka memiliki tingkat depresi yang rendah. Walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan, bukti sejauh ini cukup menjanjikan.
|