Saya mengalami bab yang keras sekali pada saat hamil, sampai suatu saat mengalami sakit yang luar biasa. Setelah melahirkan walaupun bab saya sudah tidak keras, tetap saja saya merasakan sakit. Awalny... detail
Joko Haryanto
Terima kasih berkat pengobatan dari pak Gunawan, keluhan wasir saya sudah berkurang dan sembuh. Mohon di kirimkan photo ke email berikut sebagaimana pembicaran terdahulu. Terima kasih atas bantuan pen... detail
Brian Manope - Bitung Barat
Sebelum berobat ke Pak Gunawan, saya sudah menderita anus fistula selama 4 tahun lebih, setiap kali kumat sakit sekali, sampai saya tidak dapat bekerja. Setelah saya disuruh Bos saya untuk berobat k... detail
Top Stories » Mengapa Anda Perlu SERAT Lebih Banyak » Mengapa Anda Perlu Fiber Lebih Banyak
Urut berdasarkan
Why You Need More Fiber
Mengapa Anda Perlu Fiber Lebih Banyak
Makanan tinggi
serat membantu meningkatkan kesehatan dan mengontrol berat
By Elaine Magee, MPH, RDWebMD FeatureReviewed by Brunilda Nazario, MD
Kebanyakan dari
kita tidak ada petunjuk berapa gram serat yang kita dapatkan dalam diet kita pada hari-hari biasa. Namun bagi banyak
orang Amerika, jumlah ini harus dua kali lipat.
The American Dietetic Association
melaporkan bahwa kebanyakan dari kita bahkan tidak mendekati padaasupan dari
20 gram hingga 35 gram serat dalam sehari yang direkomendasikan. Berarti asupan serat orang Amerika sekitar setengah dari itu yakni 14-15 gram per hari.
Itu tidak mengherankan bila anda mempertimbangkan bahwa kita mendapatkan serat dari 'serat kasar' seperti buah-buahan,
sayuran, seluruh biji-bijian, kacang-kacangan / biji-bijian, dan kacang. Orang Amerika tertentu yang tidak secara tepat mengisipiringnya dengan makanan (Anda sudah berusaha
untuk menekankan untuk mencari buah-buahan, sayuran, gandum utuh, atau kacang didalam rata-rata makanan cepat saji yang berharga).
Mengapa Fiber Sangat Baik untuk Kita?
Makan makanan
yang lebih tinggiseratnyatelah ditunjukkan untuk menurunkan tingkat kolesterol darah,
memperbaiki dan mencegah sembelit, dan memperlambat pencernaan. Dan menurut
Barbara Rolls, PhD, pengarang The Volumetrics
Eating Plan, serat dapat membantu kita mengurangi makan - dan
kehilangan berat.
"Cukup dua kali lipat jumlah serat yang anda makan dari rata-rata 15 gram
per hari sekitar 30 gram untuk membantu mengurangi asupan kalori," Rolls
menjelaskan. "Fiber telah ditunjukkan untuk meningkatkan kenyang, bukan
hanya denganmenurunkan kepadatan energi dari
makanan (yaitu, berapa banyak kalori yang telah mereka dapatkan per-saji)
tetapi juga dengan memperlambatkanjumlahmakanan yang melewati sistem pencernaan."
Bila anda meningkatkan diet serat, lakukan
secara bertahap untuk menghindari gastric
distress, dan minum banyak cairan (8 gelas air per hari) untuk menghindari
sembelit.
Joanne Slavin, PhD, seorang peneliti obesitas dengan University of
Minnesota, mengatakan diet fiber tidak hanya membuat kita merasa lebih
kenyang, tetapi mengurangi asimilasi makanan. Beberapa
penelitian telah menunjukkan bahwa banyak serat dalam diet dapat membantu
mengatur gula darah dan insulin. Hal ini dapat menjadi alasan mengapa
orang-orang yang makan diet serat tinggicenderung pada berat berkurang dan mengurangi kerawanan terhadap
bertambah berat karena usia.
"Pperlindungan terbaik adalah dengan pasokan serat tertinggi - setidaknya 25 gram per hari yang
direkomendasikan untuk perempuan," kata Slavin.
Penemuan peneliti pada manfaatserat yang tetap
menuangi. Beberapa penelitian
telah menunjukkan bahwa:
Makan makanan yang berserat tinggi, sebagai bagian dari gaya
hidup sehat secara keseluruhan, dapat berperan dalam menyehatkan BMI (body
mass index). Satu studi menemukan bahwa wanita yang lebih banyak memakan
seluruh biji-bijian danserat total secara konsisten kurang
menambah berat selama lebih dari 12 tahun daripada mereka yang makan kurang serat
dan seluruh butiran. Studi lain menemukan bahwa wanita yang rendah serat, diet tinggi lemak lebih
mungkin mendapatkan kegemukan daripada yang mengikuti serat tinggi, diet rendah
lemak. " nasihat kontrol berat untuk perempuan Amerika harus menempatkan
penekanan lebih besar pada konsumsi serat," diingatkan salah satu dari peneliti
studi, Megan McCrory, PhD.
Diet serat yang tinggi dapat mengurangi resiko kanker
usus besar. Jika populasi dengan rata-rata serat yang rendah tiba-tiba
dua kali
lipatkan asupan serat mereka dengan membuat pilihan makanan yang bijaksana, mereka
dapat menurunkan resiko kanker usus besar sekitar 40%, menurut sebuah
studi yang melibatkan data yang dikumpulkan dari 10 negara di Eropa.
Sebuah studi National Cancer Institute juga mengkaitkan
asupan serat
tinggi keresiko kanker colorectal yang lebih rendah. Hal ini terutama
berlaku untuk serat dari biji-bijian, sereal, dan buah-buahan.
Fiber dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Mereka yang makan makanan yang
tinggi di karbohidrat halus dan rendah serat lebih cenderung meningkatkan
resiko diabetes tipe 2, menurut sebuah studi baru-baru ini. Dan baru-baru
ini Finlandia sebagai studi menunjukkan bahwa seluruh gandum dan asupan fiber sereal meningkat, resiko diabetes tipe 2
nampaknya menurun. Namun mungkin saja tidak semuanya tentang serat dalam
kasus ini; makanan berserat tinggi juga kaya akan micronutrients yang penting. Itulah mengapa
lebih baik untuk berkonsentrasi pada termasuk makanan diet seluruh tanaman
daripadaanda mengambil pil atau
suplemen serat.
Asupan serat juga telah dihubungkan dengan
sindrom metabolis, sebuah kelompok dari faktor resiko yang dapat meningkatkan peluang pengembangan penyakit jantung dan diabetes:
Asupan serat yang tinggi (produk dari biji-bijian dan
seluruh butiran) yang terkait dengan pembentukan plakkolesterol di arteriyang lebih lambat di perempuan
postmenopausal dengan penyakit arteri koroner. Dalam studi lain, pada
laki-laki dan perempuan yang berusia 40-60 dan bebas dari penyakit jantung, serat
kental (khususnya pektin, jenis serat larut yang ditemukan didalam apel) muncul untuk
melindungi terhadap perkembangan atherosclerosis di leher arteri.
Asupan tinggi serat dari oat ternyata memiliki
efek perlindungan pada jantung, dengan menurunkan kolesterol LDL
"buruk" tanpa menurunkan kolesterol hdl "baik".
2 Jenis Fiber
Walaupun keduanya mempunyai manfaat
kesehatan, terdapat perbedaan antara yang tidak dapat, jenis serat yang
ditemukan di seluruh biji-bijian, wortel, tomat, dan lettuce, dan yang lembut, jenis yang larut di air ditemukan
di havermut, pears, strawberries, dan apel.
Larut atau serat kental yang lembut adalah jenis
yang larut dalam air.
Bila dicerna, membantu mencegah penyerapan kolesterol dalam usus. Jenis serat juga menjadi pemikiran untuk membantu
meminimalkan meningkatnya tingkat gula darah setelah makan, yang sangat bermanfaat untuk
penderita diabetes.
Jenis ini berasal dari serat: kacang-kacangan
(mereka mempunyai kedua jenis serat), havermut dan oat bran, beberapa
buah-buahan (apel, mangga, plums, kiwi, pears, blackberries, strawberries, raspberries, peaches,
jeruk, apricots kering, prunes , dan figs), dan beberapa sayuran (kacang polong kering,
kacang-kacangan, dan lentils).
Serat yang tdk
dapat larut didalam air.
Membantu menjaga gerakan usus biasa, dan
dapat mengurangi masalah resiko usus besar. Juga dapat mengurangi resiko wasir, pembuluh darah mekar, dan kegemukan (dengan membuat kita merasa kenyang).
Serat yang tidak dapat larut didalam air ditemukan
dalam: Seluruh-butiran
gandum dan dedak gandum, beras merah, bulgur, bibit, dan sayur-sayuran seperti (wortel, ketimun, zucchini, seledri, dan tomat).
Apakah anda perlu mengukur seberapa banyak dari masing-masing jenis serat yang anda dapatkan dalam diet anda? Jangan kuatir tentang hal itu. Beberapa makanan menawarkan kedua jenis serat itu, dan tidak semua serat yang dapat larut memblokir penyerapan kolesterol.
Bahkan, menurut American Dietetic
Association, National
Academy of Science telah merekomendasikan bentuk istilah "larut" dan "yang tidak dapat" ketika membahas
serat.
Barisan bagian bawah: Semua diet serat baik untuk anda. Hanya dapatkan lebih banyak dari itu.
Langkah anda selanjutnya? Dapatkan Bantuan Serat Alami dari Phyto Fiber
16 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,514,309